03 Mei 2011

EMERGENCY KIT

EMERGENCY KIT..

Butuh pengalaman untuk belajar dan menguasai item-item yang dibutuhkan dalam perjalanan dan yang sebaiknya ditinggalkan. Setelah melakukan perjalanan buanglah apapun yang dianggap tidak digunakan, dan hanya menambahkan item-item yang benar-benar perlu untuk dibawa. Terutama sekali yang multi-use item yang sangat banyak mamfaatnya

TALI / BENANG PANCING

Pilihlah yang kuat untuk menangkap ikan dan sesuaikan panjangnya dengan kebutuhan

MATA KAIL DAN PEMBERAT

Siapkan secukup mungkin mata kail kecil, pengapung dan pemberat. Mata kail yang kecil sangat efektif untuk menangkap ikan kecil ataupun ikan yang besar.

SCALPEL (PISAU UNTUK MEMBEDAH)

Item ini bisa diggunakan untuk keperluan yang berbeda-beda, simpanlah mata pisau ini dalam kotak originalnya yang berminyak.

GERGAJI KAWAT

Gergaji kawat ini bisa memotong hampir semua material. Simpanlah dalam dalam kantong plastik

PENITI KAIT

Bisa digunakan untuk macam-macam hal. Siapkan dalam berbagai ukuran.

KAWAT TIPIS

Kawat ini harus bisa gampang dilipat dan tidak mudah putus. Kawat ini sangat membantu jika kita ingin membuat perangkap dan keperluan lainnya.

REFLEKTOR

Kaca reflektor ini dirancang sudutnya untuk meminta pertolongan dari pesawat terbang. Caranya dengan membidik pesawat terbang lewat lubang yang ditengah dan cahaya matahari akan terpantul kepesawat tersebut.

POTTASIUM PERMANGANATE

Kristal-kristal halus ini berfungsi untuk mensterilkan air dan menetralkan bakteri-bakteri yang bisa menginfeksi.

PENCIL

Bisa digunakan untuk plot jalur pada peta atau kegunakaan lain selama perjalanan

PERALATAN JAHIT

Siapkan jarum yang cukup besar beserta benang tahan air, kemudian simpan dalam kantong plastik bersama beberapa kancing dengan ukuran yang berbeda. Kancing-kancing ini bisa digunakan untuk keperluan yang mendadak misalnya sebagai pengunci tenda jika resletingnya bermasalah.

GARAM

Berkeringat yang berkempanjangan dan buang air kecil, menyebabkan turunnya kadar garam dalam tubuh, ini bisa menyebabkan kram perut. Campurkan sedikit garam kedalam makanan untuk mengantisipasi terjadinya kram perut.

PLESTER

Gunakanlah plester untuk mencegah luka dari infeksi, juga bisa ditempel di kaki yang hampir terkena lecet akibat sepatu.

KANTONG PLASTIK

Selain bisa digunakan untuk mengambil air, juga untuk berbagai keperluan dalam keadaan darurat, seperti sewaktu berusaha mendapatkan air dengan cara kondensasi.

BUTTON COMPASS

Siapkan dengan besar yang cukup dan bisa disimpan bersama item lainnya.

ANTIBIOTIK TABLET SERTA TABLET PENSTERILAN AIR.

Untuk tablet antibiotik hanya digunakan pada saat darurat, sedangkan tablet untuk sterilisasi air siapkan dengan jumlah yang cukup.

KOREK API.

Sekarang ada yang menjual korek api yang wind proff dan water proff, di Indonesia masih susah ditemukan, tapi bisa diakali dengan melapisinya dengan lilin dan simpan dalam bekas tabung film.

LILIN

Gunakanlah lilin sehemat mungkin, jangan gunakan sebagai penerangan akan tetapi lebih baik sebagai fire starter atau penyulut api.

KACA PEMBESAR

Kaca pembesar bisa dipakai untuk membuat api. Arahkan ke matahari dan dibawahnya taroklah daun-daun kering, saat mulai berasap dan menimbulkan api perlahan tambahkan sedikit-demi sedikit ranting-ranting kecil sampai terbentuk api dan baru tambahkan dahan kayu yang kering.

KALENG PENYIMPANAN.

Kotak kaleng bekas tembakau dengan tutup yang rapat bisa digunakan untuk menyimpan semua item-item darurat tadi (survival kit) yang akan sangat berguna disaat terdesak. Tutp rapat dengan selo tape untuk menjaga agar isinya tetap kering. Selalu simpan kotak ini ditempat yang mudah dan gampang diambil, kalau perlu jangan pernah jauhkan dari badan anda. Bisa disimpan di tas pinggang, atau kantong jaket.

sumber : http://catros.wordpress.com/2007/05/30/emergency-kit/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

beri petuah bijakmu