04 Mei 2011

gore-tex

info soal gore-tex

1- gore tex dibuat dari fluoride
gore-tex bukan dibuat dari bahan plastik asal minyak bumi tetapi dari bubuk fluoride yg terus diolah jadi serat mikroskopik. Serat ini ga tembus air tapi bisa melepas keringat karena lobangnya 700x lebih besar daripada molekul keringat dan 20.000x lebih kecil daripada butiran air.

2 - goretex dipakai bukan untuk kawasan tropis
di wilayah tropis yang panas dan lembab, bahan goretex kurang cocok karena keringat ga bisa keluar akibat cuaca di luar tubuh yang sama panasnya dengan di dalam tubuh.

3 - goretex itu cuma bahan pelapis
kalo ada label gore-tex di jaket atau sepatu, itu artinya ada bahan antiair yang dimasukkan ke dalam bahan sepatu. Tetapi lapisan antiairnya sendiri di lapisan paling luar adalah memakai bahan DWR (durable water repellant)

4 - jaket antiair harus dikeringkan memakai hairdryer
ternyata ga bagus kalo jaket antiair dikeringkan dengan cara digantung dan dijemur. Lama kelamaan bahan DWR yg antiair itu akan terhapus oleh debu, minyak dari kulit atau karena gesekan. Jaket bisa dicuci tapi perlu dikeringkan dengan panas hairdryer supaya pelindung mikroskopiknya menyatu kembali (ini ga berlaku buat yg pake raincoat karet atau yang pake bahan murni pelapis polyurethene)

5 - paling bagus = waterproof, paling jelek = water repellent
Berdasarkan urutan penahan air, bahan paling bagus itu yang waterproof, disusul water resistant dan yang paling jelek itu water repellent (jadi carilah yg pake tulisan waterproof)

6 - goretex = waterproof, Windstopper = bukan waterproof
produk windstopper dipake kalo kondisi berangin. Produknya membuat kita tetap hangat dan ga perlu takut masalah wind chill factor (angin yang membuat suhu badan drop)

7 - masih belom ada standar industri untuk pengukuran 'breathability'
tahun 1978, Gore adalah yg pertama mengembangkan bahan breathable (keringat bisa keluar, tapi air hujan ga bisa masuk). Gore menyebut metode pengukuran 'breathability' yang paling bisa dipercaya itu yg dibuat sama Hohenstein institute, tetapi perusahaan-perusahaan saingannya memilih pake pengukuran yg berbeda. Misalnya yg pake bahan eVent, Pertex dan lainnya.

8 - Gore memberi jaminan buat produknya
Perusahaan Gore melakukan pengujian berat buat tiap produk yg pake label goretex. Jaket misalnya dimasukkan ke mesin cuci lalu dicuci selama berminggu-minggu. Kalo jaketnya rusak di bawah pengujian 500 jam maka ga bisa pake label gore-tex. Gore juga punya ruang khusus untuk mensimulasi kondisi hujan dan ruang untuk cuaca -50 derajat sampai 50 derajat celcius. Untuk sepatu, diuji dengan cara ditekuk dalam kondisi basah selama berhari-hari.

sumber: kaskus.us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

beri petuah bijakmu